Saturday, March 31, 2007

USAID Berikan Bantuan Kedaluwarsa
Medan(kabarmedan)
Sebuah bantuan yang berbentuk minyak sayuran dari pihak USAID (United States Agency International Development) yang dibagi-bagikan ke sejumlah warga Kota Medan sebagai bentuk bantuan ternyata kedaluwarsa.
Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi C DPRD Medan Ikrimah Hamidy yang mengatakan bahwa batas penggunaan yang tertera pada kemasan minyak bantuan USAID sudah lewat. Dalam kemasan yang berbentuk silinder dengan kapasitas jumlah 4 liter serta berat 3,7 kg tersebut tertera masa expired date: August 15th 2006. ”Saya harapkan kiranya masyarakat untuk lebih teliti dan juga berhati-hati apabila menerima bantuan dari siapapun.”ujarnya.
Menurut Ikrimah bahwa ketelitian serta kehati-hatian sangat perlu jika menerima sebuah bantuan,lihat saja bantuan yang diberikan oleh pihak USAID sudah sangat jelas sekali masa kedaluwarsa dan hal ini sangat membahayakan kesehatan manusia,tegas Ikrimah Hamidy kepada halamansatu bertempat diruang kerjanya Gedung DPRD Medan pada,Jumat(30/3)
Ikrimah mennyatakan agar kiranya sebelum menyalurkan sebuah bantuan sebaiknya terlebih dahulu melakukan pengecekan agar bantuan yang disalurkan ke masyarakat benar- benar steril.”Sebaiknya kita jangan terlalu asal untuk memberikan sebuah bantuan jika tidak dapat menjamin bantuan tersebut, lakukan dahulu sebuah pengecekan terutama tanggal kedaluwarsanya”tegasnya Ikrimah.” Jika barang bantuan tersebut tidak dillakukan pengecekan hal ini sangat berbahaya kepada masyarakat selaku penerima bantuan,jadi saya harapkan bantuan ini dapat segera ditarik.”ujarnya
Jika barang ini tidak ditarik,maka nantinya apabila ada warga yang mengalami kerancunan,siapa yang harus bertanggungjawab”tegas Ikrimah.Dalam hal ini juga Ikrimah mengharapkan agar kiranya pihak Dinas Kesehatan Kota Medan untuk lebih proaktif melakukan pemerisaan karena bantuan minyak USAID ini sudah kedaluwarsa.”Barang ini sudah kedaluwarsa saya harapkan agar kiranya pihak Dinas Kesehatan Kota Medan dapat memberitahukan kepada masyarakat,” ungkap Ikrimah. Menurut Ikrimah bahwa bantuan dari pihak USAID ini ditemukan pertama sekali di Kel Tegal Sari Mandala III-Medan Denai .”Saya yakin barang ini sudah beredar luas dimasyarakat”ujarnya
”Barang bantuan USAID ini disalurkan Jumat lalu di Kel Tegal Sari Mandala III,saya yakin bantuan serupa juga ada di kelurahan lain di Medan,seperti di Medan Amplas,”ujar Ikrimah. Menurut Ikrimah bantuan USAID yang menerima adalah warga yang bernama Suyatno selaku penduduk Tegal Sari Mandala III, Kec Medan Denai. Menurut Suyatno bahwa bantuan yang mereka terima saat menggelar kegiatan gotong-royong dan posyandu dan diberikan oleh pihak kelurahan,ujar Ikrimah menirukan ucapan Suyatno. “Karena Suyatno sendiri menerima bantuan itu Kamis malam lalu serta merasa curiga dengan batas tanggal yang tertera di kemasan, maka Suyatno pun menyerahkan kemasan minyak itu kepada saya “ujar Ikrimah anggota Komisi C DPRD Medan.(ROM)

No comments: